Logo Bloomberg Technoz

Masa Sulit Startup Masih Berlanjut, Kering Pendanaan

News
06 July 2023 14:40

Ilustrasi Startup. (Image by Gerd Altmann from Pixabay)
Ilustrasi Startup. (Image by Gerd Altmann from Pixabay)

Sarah McBride - Bloomberg News

Bloomberg, Keran pendanaan dari modal ventua atau venture capital (VC) bagi perusahaan rintisan (startup), terutama untuk putaran tahap awal (seed funding), tercatat masih seret meski pandemi Covid-19 sudah surut. Ini merupakan laporan terbaru dari perusahaan riset PitchBook.

Di Amerika Serikat (AS), para pemodal ventura mencatat 3.011 kesepakatan pendanaan startup pada kuartal II-2023, sekitar sepertiga lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah dana yang dikeluarkan juga jauh lebih sedikit, yaitu sekitar US$39,8 miliar, turun hampir setengahnya dari periode yang sama tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, sebanyak US$6,5 miliar dihabiskan VC untuk mendanai startup sistem pembayaran Stripe, ungkap analis PitchBook, Kyle Stanford.

Pendanaan Venture Capital (VC) pada startup berdasarkan kuartalan (Bloomberg)

Penurunan terbesar terjadi pada putaran seed funding bagi startup pemula yang biasanya masih dalam tahap konsep. Di kategori tersebut, hanya setengah dari jumlah kesepakatan pendanaan tahun lalu yang berhasil disetujui. Putaran pendanaan awal dianggap penting bagi kesehatan ekosistem modal ventura.