Logo Bloomberg Technoz

Untuk kedua kalinya dalam tiga hari, Russell 2000 telah mengalahkan Nasdaq 100 yang padat teknologi dengan setidaknya 2,5 poin presentase. Terakhir kemenangan saham-saham berkapitalisasi kecil  terjadi pada November 2020.

“Sangat mudah untuk menganggap teknologi sebagai proksi ekuitas secara keseluruhan,” kata Michael Reynolds, wakil presiden strategi investasi Glenmade. Tetapi “jika kita melihat ekspansi yang lebih luas dari pasar, itu akan menjadi kepercayaan pada gambaran ekonomi yang muncul.”

Bank Dunia mengatakan dalam sebuah laporan pada Selasa (06/06/2023) ekonomi global berada dalam situasi genting karena kenaikan suku bunga yang tajam menghantam aktivitas dan menimbulkan kerentanan di negara-negara berpenghasilan rendah. Ketakutan tersebut menekan ekuitas.

Meski demikian dengan tingkat inflasi AS yang masih tinggi, para trader semakin berhadap Federal Reserve akan mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan bulan Juni 2023, sambil tetap membuka opsi kenaikan. Mantan wakil ketua Richard H. Clarida juga mengatakan bahwa tidak mungkin bank sentral AS akan mulai memangkas suku bunga hingga 2024.

“Saya hanya berpikir ada begitu banyak investor di luar sana yang sangat negatif,” kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA. Biasanya, saham naik setelah jeda Fed, “menyiratkan bahwa jika kita tidak melampaui atau menutup di atas ambang batas 20% [dari pasar bullish] sebelumnya, kita mungkin akan mencapainya setelahnya.”

Juga meningkatkan sentimen akan semakin banyak penasihat yang tidak berpikir pasar saham akan banyak dirugikan oleh kebutuhan Departemen Keuangan pasca penangguhan plafon utang.

“Ada risiko bahwa penerbitan akan datang lebih cepat, dan hal itu mungkin menarik lebih banyak uang tunai dari aset-aset berisiko, tetapi saya tidak terlalu mengkhawatirkan hal itu sekarang,” kata Thomas Simons, ekonom senior di Jefferies.

Pengumuman lelang treasury membebani surat uang berjangka pendek pada Selasa (6/6/2023), sementara catatan 10 tahun sedikit berubah.

Dalam komoditas, harga minyak turun karena berita pengurangan pasokan oleh Arab Saudi, yang membuat saham energi, termasuk Chevron Corp., melemah. Gandum meonjak setelah Ukraina mengatakan pasukan Rusia meledakkan bendungan raksasa di selatan negara. Emas naik tipis.

Grafik harga minyak. (Sumber: Bloomberg)

Di Eropa, euro melemah dan obligasi Jerman naik setelah Bank Sentral Eropa mengatakan ekspektasi inflasi konsumen kawasan euro berkurang secara signifikasn pada bulan April.

Australia secara tak terduga mendaki pada Selasa (06/06/2023) membuka lebar kemungkinan untuk kenaikan lebih lanjut, yang memicu reli dalam mata uang negara tersebut.

Di Turki, lira turun untuk hari ke-11, berada di jalur kerugian terpanjang dalam lebih dari setahun, di tengah spekulasi berkurangnya intervensi pemerintah di pasar.

(bbn)

No more pages