Logo Bloomberg Technoz

Megawati Tegaskan Tak Bisa Tekan Jokowi soal Cawe-cawe Pemilu

Sultan Ibnu Affan
06 June 2023 17:40

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menepis jika dirinya menekan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap ia sebut sebagai petugas partai tersebut dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Hal itu diungkapkan Megawati ketika menjawab pertanyaan wartawan soal apakah dirinya menegur Jokowi perihal pernyataan yang mengaku akan cawe-cawe urusan elektoral mendatang. Terkait hal itu, ia lantas mengeklaim bahwa dirinya tak mempunyai alasan dan legitimasi untuk menekan Jokowi.

"Ngapain lho ya neken Presiden, itu yang harus bisa dibedakan lho. Saya ini orang yang taat aturan, lha kalau ditanya 'kau rembukin saja, pak Jokowi kan yang dipilih Ibu'. Yaalah, tapi kan juga yang memilih rakyat Indonesia. Setelah dilantik itu ya saya hormati sebagai presiden saya," kata Megawati dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Ia juga lantas membeberkan perbandingan soal pengamanan dirinya dengan Jokowi yang saat ini memiliki pasukan pengamanan khusus atau Paspampres yang kerap menjaga dirinya di mana pun.

"Jadi kalau dibilang nekan, saya mau nyari cara nekannya gimana. Dibilang pak Jokowi, nanti kalau mau (nekan) sama saya, ini aja lihat nih, pasukannya aja kayak gini. Tuh lihat, mana saya punya pasukan kayak gini (sambil menunjuk Paspampres di lokasi)," kata Megawati.