Logo Bloomberg Technoz

Manufaktur China Merosot, Pemulihan Ekonomi China Kian Melemah

News
31 May 2023 13:10

Aktivitas manufaktur China (Sumber: Bloomberg)
Aktivitas manufaktur China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg - Pemulihan ekonomi China melemah pada Mei 2023 karena aktivitas manufaktur terus merosot. Hal ini mendorong investor untuk melepas saham dan meminta lebih banyak langkah stimulus untuk mendorong pertumbuhan.

Indeks pembelian manufaktur (Purchasing Managers’ Index/PMI)  kembali turun menjadi 48,8, dikatakan oleh  Biro Statistik Nasional China pada Rabu (31/05/2023). Ini merupakan angka terendah sejak Desember 2022, juga lebih lemah survei median Bloomberg, yaitu 49,5. Angka di bawah 50 menandakan adanya kontraksi dari bulan sebelumnya.

Aktivitas non-manufaktur di sektor jasa dan konstruksi China juga mengalami menuruan menjadi 54,5 dari 56,4 di bulan sebelumnya, yang juga berada di bawah ekspektasi.

Grafik ekonomi China melemah (Sumber: Bloomberg)

Data mengkonfirmasi pemulihan ekonomi melambat pada kuartal kedua setelah ledakan aktivitas konsumen di awal tahun. Hal ini menandakan perlu upaya lebih leras dalam bentuk kebijakan stimulus lanjutan, seperti penurunan suku bunga, sebab investor menjadi lebih bearish tentang prospek pertumbuhan.