Logo Bloomberg Technoz

Daftar BUMN Dengan Setoran Dividen Terbesar di 2023

Elisa Valenta
06 June 2023 14:00

Ilustrasi gedung Kementerian BUMN. (Dok. Kementerian BUMN)
Ilustrasi gedung Kementerian BUMN. (Dok. Kementerian BUMN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir optimistis kontribusi perusahaan-perusahaan pelat merah terhadap penerimaan negara tetap tinggi tahun depan. Salah satu indikatornya adalah target setoran dividen pada 2024 akan mencapai Rp 80,2 triliun atau sama dengan setoran dividen BUMN pada 2023. 

Menurut Erick, perolehan dividen 2023 yang disetorkan ke kas negara tahun ini merupakan pencapaian bersejarah karena tidak pernah setinggi itu sebelumnya. Nilai itu dikontribusikan perusahaan pelat merah dari berbagai lini bisnis.

Dari 31 BUMN yang ada saat ini, tidak semua menyetorkan dividen kepada negara. Sebaliknya, dalam daftar perusahaan pelat merah yang menjadi penyumbang dividen, ada BUMN yang mencatatkan nilai kontribusi terbesar hingga triliunan rupiah.

Dari total BUMN, penyumbang dividen terbanyak berasal dari perusahaan pelat merah berstatus persero yang belum mencatatkan sahamnya di Bursa. Tercatat ada 9 BUMN berstatus persero non-publik yang memberikan kontribusi bagi dividen dengan nilai total mencapai Rp31,4 triliun. Sementara itu, terdapat tujuh BUMN yang berstatus publik atau Tbk yang menyumbang dividen dengan total mencapai Rp 46,51 triliun.

Berikut daftar perusahaan BUMN non-publik dan terbuka yang menyetor dividen paling besar selama 2023: