Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir: Dividen BUMN Tahun Depan Tidak Lebih Dari Rp80 T

05 June 2023 14:40

Ketum PSSI Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan Solo. (IG @erickthohir)
Ketum PSSI Erick Thohir saat meninjau Stadion Manahan Solo. (IG @erickthohir)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir memprkirakan, penerimaan negara dari dividen BUMN tahun depan tidak lebih dari Rp80,2 triliun. Angka ini sama seperti penerimaan dividen tahun buku 2022, yang dicairkan di 2023.

Penerimaan dividen Rp80,2 triliun, menurut Erick, dividen tahun buku 2022 sejatinya sudah tinggi. "Dividen Rp80 triliun adalah yang terbesar dalam sejarah kementerian (BUMN)," kata Erick dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR-RI, Senin (5/6/2023).

Tingginya dividen tak lepas dari kinerja keuangan BUMN, terutama di sektor komoditas. Harga komoditas di sektor ini sempat melesat hingga turut mengerek laba bersih BUMN di dalamnya.

"Di tahun 2024, kami memberanikan diri untuk kembali menjaga dividen itu di angka Rp80,2 triliun. Saya tentu tidak bisa menjanjikan lebih karena efek harga komoditas," terang Erick.

Meski begitu, Erick masih optimistis dengan kinerja keuangan BUMN. Pada saat yang sama, ia tetap mengantisipasi sejumlah data ekonomi, termasuk di dalam negeri.