Logo Bloomberg Technoz

Kementerian BUMN Endus Keganjilan Laporan Keuangan WSKT

Sultan Ibnu Affan
06 June 2023 07:10

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) kembali menjadi sorotan. Kementerian BUMN tengah melakukan investigasi atas laporan keuangan BUMN Karya tersebut.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, investigasi dilakukan berangkat dari kinerja keuangan yang dinilai tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Bahkan, kondisi ini sudah terjadi selama bertahun-tahun.

"Laporan keuangan tidak sesuai dengan kondisi riil. Dilaporkan seolah-olah untung bertahun-tahun, padahal cashflow tidak pernah positif," jelas Tiko, sapaan akrab wakil menteri tersebut, Senin (5/6/2023).

Tidak menutup kemungkinan, laporan keuangan WSKT akan disajikan kembali atau restatement karena kondisi yang tidak sesuai fakta. Skenario terburuk, jika ada unsur pidana berupa fraud, maka Kementerian BUMN dapat mengajukan tuntutan hukum terhadap manajemen yang tengah menjabat selama periode keuangan.

Tiko menambahkan, pihaknya bahkan telah melakukan kordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). "Jika memang ada fraud dari sisi pelaporan keuangan, kami bisa lakukan tindakan tegas dengan kerangka governance yang ada," tegas Tiko.