Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah pemotongan OPEC ketiga dalam sembilan bulan, dan kemungkinan akan menjadi yang terakhir tahun ini selama tidak ada perubahan besar dalam prospek penawaran dan permintaan, tambahnya.

Goldman Sachs Group Inc.

Pertemuan OPEC+ cukup bullish dan mengimbangi beberapa risiko penurunan bearish terhadap perkiraan bank pada Desember sebesar US$95 per barel, kata analis, Daan Struyven dan Callum Bruce. Komentar “apa pun yang diperlukan” Menteri Energi Saudi menandakan komitmen untuk terus bersandar pada short dan memanfaatkan kekuatan harga yang luar biasa tinggi.

Vanda Insights

“Menteri Energi Saudi berada dalam situasi yang sulit, setelah mengulangi peringatan itu kepada short seller,” kata Vandana Hari, pendiri konsultan Vanda Insights di Singapura, dalam wawancara televisi Bloomberg.

Spekulan akan mengikuti isyarat pasar, dan jika ekonomi global menunjukkan tanda-tanda pelemahan, mereka “akan segera kembali,” tambahnya.

Commonwealth Bank of Australia

Arab Saudi kemungkinan akan memperpanjang pemotongan produksi pada Juli jika Brent tetap terjebak antara US$70 dan US$75 per barel, kata Vivek Dhar, direktur penelitian komoditas pertambangan dan energi di Commonwealth Bank of Australia. Arab Saudi bahkan dapat memperdalam pembatasan jika harga turun di bawah US$70 per barel, tambahnya.

RBC Capital Markets

Sementara beberapa akun akan fokus pada Arab Saudi yang tidak bertindak sejalan dengan anggota OPEC+ lainnya, fakta bahwa mereka bersedia menanggung pembatasan sendiri, menambah kredibilitas pemotongan, dan menandakan barel nyata keluar dari pasar, analis Helima Croft dan Christopher Louney menulis dalam sebuah catatan. Arab Saudi memiliki rekam jejak dalam melakukan pemotongan material, kata mereka.

ANZ Group Holdings Ltd.

“Langkah Arab Saudi kemungkinan akan mengejutkan, mengingat perubahan kuota terbaru hanya berlaku selama sebulan,” tulis analis Brian Martin dan Daniel Hynes dalam sebuah catatan. “Pasar minyak sekarang terlihat akan semakin ketat di paruh kedua tahun ini.”

(bbn)

No more pages