Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Jembatan Kretek II Bantul Senilai Rp364 Miliar 

Sultan Ibnu Affan
02 June 2023 14:05

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan usai meresmikan Jembatan Kretek II, Bantul, Jumat (Dok. Tangkapan Layar Youtube)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan usai meresmikan Jembatan Kretek II, Bantul, Jumat (Dok. Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Kretek II, yang berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (2/6/2023).

Jokowi tiba di lokasi jembatan sekitar pukul 08.26 WIB dan kedatangannya disambut masyarakat yang telah menanti di sisi selatan jembatan. Dalam peresmian itu, Jokowi juga didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Bupati Bantul Abdul Halim.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini Jembatan Kretek II, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, saya resmikan," kata Jokowi dikutip dari kanal resmi Sekretariat Presiden, Jumat (2/6/2023).

Adapun Panjang Jembatan Kretek II ini kurang lebih 600 meter. Namun total penanganan yang dilakukan oleh Kementerian PUPR sepanjang 2,6 kilometer. Jokowi mengatakan, pembangunan jembatan ini telah menelan anggaran sebesar Rp 364 Miliar.

Menurutnya infrastruktur ini merupakan bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JLLS) Jawa atau disebut juga jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang membentang dari Provinsi Banten hingga Jawa Timur.