Logo Bloomberg Technoz

Ia juga berharap jembatan ini dapat meningkatkan konektivitas di lintasan selatan dan mampu menunjang mobilitas logistik. Selain itu, juga dapat mengurangi kesenjangan dengan wilayah lain di Pulau Jawa yang memiliki potensi ekonomi lebih maju.

"Kita harapkan dengan tiga jalur yang ada di Pulau Jawa, selatan, tengah kemudian di utara, kelancaran logistik, daya saing produk-produk yang ada akan semakin baik," tuturnya.

Pembangunan jembatan ini telah dimulai sejak 2021. Lalu, pada 31 Januari 2023, juga telah dilakukan uji coba fungsional.

Uji coba fungsional dimaksudkan demi mengetahui perilaku pengguna jalan dan standar operasional jembatan terutama standar keselamatan bagi pengguna jalan.

Jembatan Kretek II yang terdiri dari empat lajur dan dua arah ini juga dilengkapi dengan jalur sepeda dan pejalan kaki, serta penerangan karena jembatan ini akan dibuka selama 24 jam.

Dikutip dari laman resmi KemenPUPR, paket pekerjaan Jembatan Kretek II dibangun oleh penyedia jasa Wika - Hutama Joint Operation dengan anggaran sebesar Rp364 miliar yang bersumber dari dana loan Islamic Development Bank (IsDB).

Jembatan ini juga dibangun dengan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) untuk meredam dampak gempa bumi. Serta dilengkapi dengan teknologi antisipasi gempa bumi lainnya, mengingat lokasi pembangunannya yang berada di wilayah Sesar Aktif Opak.

(ibn/evs)

No more pages