Logo Bloomberg Technoz

Pabrik Motor Listrik TOBA Akan Segera Groundbreaking

Rezha Hadyan
31 May 2023 21:24

Pandu Sjahrir (Sumber: Instagram @pandusjahrir)
Pandu Sjahrir (Sumber: Instagram @pandusjahrir)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pabrik sepeda motor listrik Electrum besutan emiten PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) akan dibangun dalam waktu dekat. Pembangunan pabrik tersebut merupakan salah satu upaya perusahaan untuk menambah porsi pendapatan dari bisnis selain pertambangan batu bara.

Wakil Direktur TBS Energi Utama Pandu Sjahrir mengatakan perusahaan akan mengumumkan pembangunan pabrik itu segera, seraya menambahkan bahwa sebentar lagi proyek itu akan groundbreaking.

Sebanyak 30% dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) perusahaan 2023 sebesar US$60 juta (Rp 899 miliar) akan dialokasikan untuk pengembangan ekosistem bisnis sepeda motor listrik.

“Nanti akan kita announce segera. Karena sebentar lagi mau ada groundbreaking [pabrik],” katanya ketika ditemui oleh Bloomberg Technoz, di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023).

Pandu menjelaskan di bisnis sepeda motor listrik, TBS Energi Utama berkolaborasi dengan PT Gojek Tokopedia Indonesia Tbk atau GoTo. GoTo sebelumnya menargetkan 5.000 sepeda motor listrik Electrum bisa mengaspal untuk layanan ojek daring hingga akhir tahun ini.