Logo Bloomberg Technoz

Kembangkan Industri Mobil Listrik, Ini Janji Sri Mulyani

Krizia Putri Kinanti
30 May 2023 10:49

Pengunjung melihat mobil listrik Lexus saat New York International Auto Show (NYIAS) 2023 di New York, AS, Rabu (7/4/2023) (Stephanie Keith/Bloomberg)
Pengunjung melihat mobil listrik Lexus saat New York International Auto Show (NYIAS) 2023 di New York, AS, Rabu (7/4/2023) (Stephanie Keith/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan, menegaskan komitmen pemerintah dalam pengembangan kendaraan listrik. Pemerintah akan memberikan berbagai insentif untuk peralihan dari kendaraan berbasis energi fosil.

"Untuk dukungan terhadap Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), pemerintah akan memposisikan Indonesia secara strategis dalam geopolitik yang terjadi, juga tren kesedaran ancaman climate change yang makin meluas. Oleh karena itu, pemerintah menggunakan instrumen fiskal dalam mempercepat transformasi ekonomi," papar Sri Mulyani dalam Sidang Paripurna DPR, Selasa (30/5/2023).

Pada 2035-2040, lanjut Sri Mulyani, sudah banyak produsen kendaraan listrik yang berkomitmen untuk beralih dan 100% memproduksi mobil listrik. "Indonesia tidak boleh menjadi penonton. Apalagi Indonesia adalah produsen mineral yang sangat menentukan," tegasnya.

Indonesia, tambah Sri Mulyani, memiliki aspirasi untuk menjadi pemain besar di industri kendaraan listrik. Oleh karena itu, pemerintah akan memberikan dukungan fiskal.

"Ini banyak dilakukan oleh berbagai negara, bahkan Amerika Serikat (AS), Jerman, dan negara-negara tetangga di kawasan ASEAN seperti Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Semua masif melakukan kebijakan untuk memperkuat ekosistem industri KBLBB," tuturnya.