Logo Bloomberg Technoz

Ada Lobi-lobi Kadin di Balik Pembukaan Keran Ekspor Pasir

Rezha Hadyan
31 May 2023 18:10

Petugas mengumpulkan plastik yang terdampar di pantai. (Jonathan Wijayaratne/Bloomberg)
Petugas mengumpulkan plastik yang terdampar di pantai. (Jonathan Wijayaratne/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Keputusan pembukaan kembali ekspor pasir laut ditengarai tidak lepas dari lobi-lobi kalangan pengusaha, yang mengaku telah memiliki izin usaha pertambangan (IUP) komoditas tersebut.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Diana Dewi mengungkapkan, sejatinya, praktik ekspor pasir laut tidak benar-benar diberedel oleh pemerintah selama 20 tahun terakhir.

Menurutnya, selama in aktivitas tersebut masih terjadi kendati terdapat aturan yang melarangnya. Dia pun mengungkapkan ekspor pasir laut selama ini dilakukan secara terbatas oleh sejumlah pelaku usaha yang mengantongi IUP.

“Sebelumnya memang sudah dibuka ekspor pasir laut ini. Banyak teman-teman pengusaha yang sudah punya IUP dan sebagainya, [tetapi ekspornya] memang dibatasi. Jadi sebenarnya ekspor itu sudah terjadi, cuma dibatasi,” ungkapnya saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023).

Diana pun mengungkapkan keputusan pemerintah membuka kembali keran ekspor pasir laut tidak lepas dari permintaan dari pelaku usaha. Dalam kaitan itu, dia pun mengungkapkan pihak Kadin telah diajak berdiskusi dengan pemerintah sebelum kebijakan itu diberlakukan.