Logo Bloomberg Technoz

Info untuk Anker, KRL Tambah Perjalanan Kereta Mulai 1 Juni

Yunia Rusmalina
29 May 2023 19:15

Sebuah kereta KRL tiba di Stasiun Cawang, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022). (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Sebuah kereta KRL tiba di Stasiun Cawang, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022). (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT KAI Commuter Indonesia (KCI) memberikan informasi menarik bagi anker atau anak kereta -- sebutan pengguna moda transportasi kereta api wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Perusahaan pelat merah ini akan menambah jumlah perjalanan kereta api mulai Kamis (1/6/2023).

KCI menerapkan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) 2023 yang memungkinkan terlaksananya 1.133 perjalanan kereta per hari. Pada Gapeka sebelumnya, jumlah operasional harian kereta komuterline atau KRL hanya 1.081 perjalanan.

"Kami berharap dalam pengembangan ini 1 hari kita bisa melayani lebih dari 1 juta penumpang sehingga ini bisa mengurangi potensi kemacetan dan juga polusi di Jabodetabek khususnya," kata Vice President Corporate Secretary KCI, Anne Purba, Senin (29/5/2023). 

Menurut dia, anak usaha PT KAI tersebut bahkan akan mengoperasikan sebanyak 98 rangkaian kereta api per hari. Angka armada ini bisa ditambah karena perusahaan menerapkan kebijakan rekomposisi gerbong kereta. 

Satu rangkaian kereta api tak akan lagi membawa hingga 12 gerbong penumpang. KCI akan mengoperasikan rangkaian kereta dengan rata-rata hanya 8-10 gerbong.