Logo Bloomberg Technoz

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Belum Bisa Ngebut 385 Km/Jam

Rezha Hadyan
24 May 2023 12:30

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (PT KAI)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (PT KAI)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Hingga kini, uji coba Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) masih belum dieksekusi sesuai kecepatan maksimum moda transportasi tersebut. Per awal pekan ini, run test KJCB baru dilakukan di kecepatan 180 km/jam dari puncak kecepatan teknis 385 km/jam.

Testing and commissioning kereta cepat dilakukan pada Senin (22/5/2023) dengan menggunakan comprehensive inspection train (CIT) atau kereta inspeksi. Kali ini, laju kereta diujicobakan di kecepatan 180 km/jam, naik dari run test sebelumnya di kecepatan 60 km/jam.

Sekadar catatan, satu rangkaian CIT KCJB terdiri dari 8 kereta. Kereta satu digunakan untuk untuk kebutuhan pengujian lintasan; kereta dua untuk memeriksa sistem persinyalan dan komunikasi; kereta tiga untuk fungsi OCS; kereta empat dan tujuh untuk ruang kerja; kereta lima berfungsi sebagai restorasi; kereta enam merupakan ruang pertemuan; dan kereta delapan untuk fungsi sinyal dan pengecekan integrasi rel-roda.

Wakil Menteri 2 Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengatakan dalam uji coba awal pekan ini, seluruh proses berfungsi dengan baik, mulai dari kereta, rel, sinyal, hingga kelistrikannya.

"Secara bertahap kecepatan perjalanan pengujian akan ditingkatkan hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km/jam. Untuk mencapai hal tersebut peningkatan di beberapa aspek seperti pagar pengaman dan sound barrier perlu dilakukan penyempurnaan agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat saat KCJB melintas," ujar Kartika dalam keterangan resmi, seperti dikutip Rabu (24/5/2023).

Kereta Cepat Indonesia China ( Dok kcic.co.id )