Logo Bloomberg Technoz

Pengguna KA Soetta akan Bisa Check-in Pesawat di Stasiun Kereta

Ezra Sihite
29 May 2023 09:45

Menhub Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Dok BKIP Kemenhub)
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (Dok BKIP Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah makin mengintegrasikan layanan kereta api (KA) dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Kali ini, penumpang yang merupakan calon pengguna maskapai akan bisa melakukan check-in di stasiun-stasiun KA commuterline. Hal ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat yang akan menggunakan pesawat sehingga terbantu dan makin nyaman menggunakan angkutan umum. 

“Orang yang akan ke bandara atau sebaliknya pasti membawa barang. Kami akan pikirkan bagaimana check-in itu tidak perlu di bandara tetapi bisa di Stasiun Manggarai atau Bekasi. Begitupun sebaliknya dari bandara, bisa ambil barangnya di stasiun tujuan. Kemudahan-kemudahan ini yang akan kami upayakan,” kata Menhub Budi Karya Sumadi sebagaimana dirilis resmi oleh Kemenhub pada Minggu malam (28/5/2023).

Selain itu upaya lain yang dilakukan yakni dengan meningkatkan layanan kereta api. Diketahui jumlah kereta api dari yang saat ini berjumlah 40 trainset menjadi 56 trainset sehingga akan meningkatkan kapasitas angkutnya. 

Kemudian Kemenhub juga akan menambah rute perjalanan kereta api dari dan ke Bandara Soetta sampai ke Stasiun Bekasi, dengan rute Bekasi, Jatinegara, Pasar Senen, Kampung Bandan, Duri, hingga Stasiun Bandara Soetta dan sebaliknya. Integrasi dapat dilakukan termasuk menjangkau hingga ke Stasiun Bekasi, karena KA bandara saat ini dikelola oleh KAI Commuter sehingga bisa diselaraskan dengan jadwal KRL commuterline.
 
Menhub juga mengatakan bahwa fasilitas-fasilitas yang ada di stasiun di Jabodetabek akan ditambah seperti fasilitas park and ride

“Penambahan fasilitas ini bisa dilakukan dengan cara bekerjasama dengan pihak swasta,” kata Menhub.