Logo Bloomberg Technoz

“"Kami masih harus bekerja, namun saya yakin ini adalah kesepakatan yang secara prinsip jadi yang terbaik untuk rakyat Amerika," kata McCarthy di Capitol, seperti dilaporkan Bloomberg News.

Presiden AS Joe Biden. (dok Bloomberg)

Namun Menteri Keuangan Janet Yellen mengingatkan kalau keseluruh kesepakatan harus selesai sebelum 5 Juni, Tujuannya menghindari gagal bayar karena dapat membuat lonjakan atas biaya pinjaman.

‘Deal’ diantara kedua pihak ini mencakup kenaikan batas utang selama dua tahun dan , dengan alokasi periode yang sama membuat anggaran non-pertahanan berada di level tetap, kata seorang yang mengetahui kesepakatan Biden dan McCarthy.

Para ekonomi memberi peringatan bahwa saat gagal bayar berefek pada penurunan pasar dan potensi hilangnya ratusan ribu pekerjaan. Pada 24 Mei, tengah pekan ini, Fitch Ratings menempatkan peringkat kredit AS pada AAA, dengan pengawasan. Ini menjadi simbol meningkatnya kekhawatiran atas tingkat utang Amerika.

Gedung putih Amerika Serikat.(dok Bloomberg)

Kesepakatan Biden dan McCarthy tidak mempersyaratkan penciptaan kerja bagi penerima Medicaid. Namun, memberi batasan waktu untuk program bantuan ketahann pangan, SNAP hingga usia 54 tahun, meski akan dihapus pada 2030. Program SNAP salah satu gerakan yang didorong oleh Partai Republik.

Meski terus tarik-menarik, kesepakatan ini akhirnya mendapat dukungan politik dari kedua politisi McCarthy dan Biden, dengan asumsi juga mendapatkan banyak dukungan dari Capitol Hill. McCarthy yang ragu akan mencapai kata sekapatan mengingat posisi dia hanya unggul tipis di DPR, dengan 15 suara pada wal tahun.

McCarthy akan menelepon sesama anggota dewan dari Partai Republik pada pukul 21.:30 Sabtu waktu Washington. Meski terjadi kompromi, ada risiko beberapa anggota dewan konsercatif berusaha akan menggulingkan McCarthy.

Biden sendiri tengah menghindari risiko besar ekonomi AS saat plafon utang tidak mencapai kata sepakat, dengan target lainnya adalah meneruskan jabatan Presiden AS di periode selanjutnya.

Pihak negosiator dari Gedung Putih adalah direktur anggaran pemerintah Shalanda Young, penasihat senior Steve Ricchetti, dan direktur urusan legislatif Louisa Terrell. Dari DPR ada Garret Graves, anggota Partai Republik dari Louisiana, Patrick McHenry, anggota Partai Republik dari North Carolina, dan kepala staf McCarthy, Dan Meyer.

(bbn)

No more pages