Logo Bloomberg Technoz

Orang Kaya Australia Hidupkan Lagi Mimpi Ekspor Listrik ke Asia

News
26 May 2023 21:30

Mike Cannon-Brookes (sumber: Bloomberg)
Mike Cannon-Brookes (sumber: Bloomberg)

James Fernyhough - Bloomberg News

Bloomberg, Milarder Mike Cannon-Brookes berencana menghidupkan kembali rencana yang terhenti yaitu ekspor listrik ke Asia. Dengan pasokan listrik tenaga surya melalui kabel listrik bawah laut menuju Singapura dari Australia. Anggaran proyek senilai 30 miliar dolar Australia atau sekitar Rp292 triliun ini dilakukan setelah mengakuisisi aset proyek Sun Cable yang gagal.

Kesepakatan itu memberi Cannon-Brookes dan Queinbrook Infrastructure Partners kendali atas pengembangan energi terbarukan secara luas di Australia Utara, yang masuk ke voluntary administration pada Januari, menyusul perselisihan antara salah satu pendiri Atlassian Corp. dan sesama miliarder, Andrew Forrest.

Keduanya yang merupakan investor utama, berselisih paham atas rencana untuk mengekspor listrik ke Asia melalui kabel listrik bawah laut sepanjang 4.200 kilometer (2.600 mil).

"Kami selalu percaya pada kemungkinan yang dihadirkan Sun Cable dalam mengekspor sinar matahari yang tak terbatas, dan apa artinya bagi Australia," kata Cannon-Brookes, yang mendukung rencana ekspor tersebut.