Logo Bloomberg Technoz

Pada 2022, perusahaan kembali mendapat fasilitas pinjaman investasi senilai Rp2,9 triliun dari sejumlah kreditur.

Pengerjaan proyek tol Kapalbetung sendiri belum sepenuhnya rampung. Perkembangan atau progress pengerjaan proyek ini baru mencapai 65% per jelang akhir bulan lalu.

Tol Becakayu baru beroperasi sepenuhnya awal kuartal kedua tahun ini. Investasi proyek ini disebut mencapai Rp9,45 triliun. Sedang ruas tol Kriyan-Legundi-Bunder-Manyar beroperasi di pertengahan kuartal satu kemarin.

Dalam pengerjaannya, WSKT banyak menggunakan pinjaman bank maupun surat utang yang juga dikombinasikan dengan PMN.

"Tol tersebut membuat keuangan WSKT berat. Oleh karena itu, kami fokus untuk restrukturisasi terlebih dahulu dengan perbankan, adakan RUPO, untuk penundaan pembayaran," jelas Tiko.

"Sebenarnya, ujungnya ada di (tiga) tol ini. Jadi, yang kami fokuskan nanti adalah, ada penundaan pembayaran dan perpanjangan tenor sampai kita bisa selesaikan tol ini. Pemerintah kemudian minta penambahan modal untuk penyelesaian tol, sedang kami pertimbangkan apakah tetap melalui WSKT atau entitas lain," sambung Tiko.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan sebelumnya memutuskan untuk tetap menahan pencairan penyertaan modal negara (PMN) untuk PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Penundaan ini terkait restrukturisasi yang tengah dilakukan emiten konstruksi pelat merah tersebut.

"Untuk Waskita Karya, rencana PMN ditunda sampai ada kejelasan restrukturisasi," ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Rionald Silaban dalam konferensi pers secara virtual.

"Sebagaimana kita ketahui, WSKT adalah perusahaan terbuka, jadi akan kita lihat program restrukturisasinya," sambung Rionald.

Rencana PMN untuk WSKT sejatinya dijadwalkan berlangsung akhir tahun lalu. Namun, dalam perjalanannya, kinerja keuangan perusahaan mengalami penurunan. Ini menyebabkan PMN ditunda.

(yun/dhf)

No more pages