Logo Bloomberg Technoz

Cegah Krisis Credit Suisse Terulang, ECB Atur Likuiditas Bank

News
19 May 2023 16:20

Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)
Gedung ECB (Sumber: Bloomberg)

Nicholas Comfort, Jan-Henrik Förster - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa (ECB) dikabarkan berniat meningkatkan pengawasan terhadap cadangan likuiditas bank dan kemungkinan akan mengumumkan persyaratan yang lebih ketat pada akhir tahun ini. Ini merupakan informasi yang dibocorkan para sumber Bloomberg News.

Tinjauan tahunan ECB mengenai risiko-risiko yang dihadapi oleh perbankan kemungkinan akan memberikan perhatian lebih pada pengelolaan dana likuid, termasuk potensi untuk menetapkan standar yang lebih tinggi pada metrik-metrik kunci seperti liquidity coverage ratio (LCR), ujar sumber Bloomberg News.

Runtuhnya Credit Suisse Group AG pada bulan Maret dan beberapa bank AS termasuk Silicon Valley Bank telah menimbulkan pertanyaan seberapa siap bank-bank Eropa dalam menghadapi tekanan penarikan dana nasabah dalam jumlah besar dan efektivitas metrik yang digunakan regulator untuk mengukur kemampuan bank dalam menghadapi krisis.

Kondisi cadangan likuiditas perbankan Eropa (Bloomberg)

Meskipun likuiditas adalah bagian penting dari pengawasan perbankan, para pengawas baru-baru ini berfokus pada isu-isu yang lebih mendesak yaitu modal bank dan risiko kredit di era suku bunga rendah. ECB mulai mendorong bank untuk memberikan perhatian khusus pada likuiditas di akhir 2021 karena inflasi yang lebih tinggi menunjukkan kenaikan biaya pendanaan. Runtuhnya beberapa bank AS baru-baru ini meningkatkan pengawasan.