Logo Bloomberg Technoz

China akan Alihkan Kepemilikan Bank Bermasalah ke SWF

News
19 May 2023 10:40

Aktivitas pergerakan kendaraan di China. (Dok Bloomberg)
Aktivitas pergerakan kendaraan di China. (Dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, China sedang mempertimbangkan untuk mengalihkan kepemilikan pemerintah pada bank-bank bermasalah (dengan kredit macet terbesar) ke lembaga investasi milik pemerintah atau sovereign wealth fund (SWF). Ini merupakan bagian dari perombakan rezim keuangan China, menurut sumber yang mengetahui masalah ini.

Dalam draft aturan baru ini, Kementerian Keuangan akan memindahkan kepemilikan di bank-bank seperti, China Cinda Asset Management Co, China Great Wall Asset Management Co dan China Orient Asset Management Co ke Central Huijin Investment Ltd, kata orang-orang yang tidak ingin disebutkan namanya karena membahas masalah pribadi.

China Investment Corp, merupakan perusahaan induk dari Huijin, juga akan mengambil alih hak dari regulator perbankan untuk menominasikan eksekutif kunci dari para manajer di bank-bank tersebut sebagai pemegang saham utama, kata salah satu sumber tersebut.

Selain itu, beberapa perusahaan negara lainnya yang saat ini berafiliasi dengan regulator keuangan China juga akan dialihkan ke Huijin, kata sumber tersebut. Termasuk China Securities Finance Corp, yang mengelola triliunan yuan dana untuk mendukung pasar saham saat sedang jatuh pada 2015, para sumber tersebut menambahkan.