Logo Bloomberg Technoz

Yellen ke Para Bos Bank: Gagal Bayar Utang Jadi Bencana Besar

News
19 May 2023 07:21

Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)
Menkeu AS Janet Yellen (Sumber: Bloomberg)

Viktoria Dendrinou - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen mengatakan kepada para bos bank pada Kamis (18/05/2023) bahwa gagal bayar utang akan menjadi "bencana" bagi sistem keuangan, seraya menegaskan kembali bahwa masalah tersebut harus ditangani secepatnya.

Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan Yellen dengan puluhan bos bank menyatakan bahwa Yellen dalam kesempatan itu membahas kebutuhan mendesak bagi Kongres untuk masalah plafon utang dan menggarisbawahi konsekuensi nyata dari gagal bayar ke sistem perbankan dan ekonomi domestik dan global.

Jamie Dimon dari JPMorgan Chase & Co., Jane Fraser dari Citigroup Inc. dan Brian Moynihan dari Bank of America Corp dijadwalkan datang pada sesi itu. Adapun pada Rabu, para bankir papan atas bertemu dengan Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer dan anggota parlemen lainnya, di tengah pembicaraan intensif soal kemungkinan gagal bayar.

Dalam pertemuan hari Kamis, Yellen juga membahas masalah sektor keuangan baru-baru ini dan tindakan yang diambil regulator menyusul kegagalan beberapa bank regional selama dua bulan terakhir.