Logo Bloomberg Technoz

Johnny G Plate Tersangka, Surya Paloh Singgung Intervensi Politik

Sultan Ibnu Affan
17 May 2023 18:48

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Dok. Nasdem)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh angkat bicara soal penetapan tersangka dan penahanan sekjen partainya yang juga Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Menkominfo tersebut ditetapkan menjadi tersangka dugaan korupsi proyek penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G Bakti Kominfo tahun 2020-2022.

Kasus korupsi tersebut juga dilaporkan telah merugikan negara hingga Rp8,023 triliun.

Terhadap hal tersebut, Surya Paloh mengatakan pihaknya menghormati proses hukum yang sedang berjalan. Ia juga berharap kasus ini tidak ada intervensi dari pihak kekuasaan.

"Tetapi sukar untuk mengusik apa yang terjadi dalam perasaan emosi diri saya. Semoga saja godaan-godaan yang menyatakan pada saya ini tidak terlepas dari intervensi politik, tidak benar. Ini tidak terlepas dari intervensi kekuasaan juga tidak benar," kata Paloh dalam konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta pada Rabu (17/5/2023).

Paloh juga tak menampik bahwasannya ia sulit untuk tidak berpikir negatif terkait kasus hukum yang menimpa sekjen Partai NasDem itu. Namun, ia memastikan partainya bakal tetap menghormati proses hukum yang berlaku.