Logo Bloomberg Technoz

Luhut Ingin Temui Anies Usai Dikritik Soal Subsidi Mobil Listrik

Rezha Hadyan
09 May 2023 16:10

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Al Drago/Bloomberg)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Al Drago/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya angkat bicara terkait dengan kritikan politisi Anies Baswedan soal subsidi pembelian kendaraan listrik, khususnya mobil listrik.

Luhut mengatakan subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada pembeli sepeda motor maupun mobil listrik tidak diputuskan sembarangan. Sebab, keputusan tersebut diambil setelah melalui studi komprehensif.

Selain itu, upaya Pemerintah Indonesia menggencarkan penggunaan kendaraan listrik juga sudah dilakukan di sejumlah negara.

"Sebenarnya gini ya, mengenai mobil listrik ini sudah ada studi yang komprehensif, jadi saya kira seluruh dunia bukan hanya kita. Jadi saya kira kita jangan melawan arus dunia juga," ungkapnya saat ditemui usai acara Seminar Hilirisasi dan Transisi Energi Dalam Rangka Mencapai Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Terkait dengan kritikan soal subsidi pembelian kendaraan listrik, Luhut menantang Anies untuk menemuinya. Dia akan memberikan penjelasan terkait dengan subsidi yang nilainya mencapai Rp7 triliun itu.