Logo Bloomberg Technoz

Kepala Negara ASEAN Bakal Deklarasi Pengembangan Ekosistem EV

Sultan Ibnu Affan
07 May 2023 17:20

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ditemui disela-sela sesi pertemuan retreat AEC, Minggu (7/5/2023).
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ditemui disela-sela sesi pertemuan retreat AEC, Minggu (7/5/2023).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masyarakat Ekonomi ASEAN atau AEC (ASEAN Economic Community) telah menyepakati bahwa para pimpinan Negara dalam KTT-ASEAN yang akan digelar pada 9 hingga Mei mendatang di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), akan mendeklarasikan pengembangan ekosistem kendaraan listrik (EV) se-ASEAN.

Kesepakatan tersebut dihasilkan setelah para pimpinan kebijakan perekonomian negara ASEAN mengadakan pertemuannya yang ke-22 di Hotel Kempinski, Jakarta. Pertemuan digelar pada 6-7 mei yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Indonesia.

"Para kepala negara ASEAN merencanakan akan mendeklarasikan. Tadi sudah setuju semua, deklarasi kepala pimpinan (negara) nanti di Labuan Bajo," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ditemui disela-sela sesi pertemuan retreat AEC, Minggu (7/5/2023).

Selain menyetujui rencana deklarasi tersebut, lanjut Zulkiflo, para pimpinan kebijakan ekonomi Negara ASEAN tersebut juga telah menyepakati beberapa poin yang nantinya juga akan ditindaklanjuti oleh pimpinan negara dalam gelaran KTT-ASEAN mendatang.

Pertama, pengembangan strategi netralitas karbon ASEAN atau isu lingkungan. Kedua, implementasi kerangka kerjasama ekonomi sirkular ASEAN.