Logo Bloomberg Technoz

Kasus Harian Covid Kembali Ribuan, Ini Imbauan Terbaru Kemenkes

Ezra Sihite
05 May 2023 09:45

Covid-19 Covid Test (dok Pixabay)
Covid-19 Covid Test (dok Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Angka kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Terjadi ribuan penambahan kasus baru dalam beberapa hari pekan ini. Selain itu angka keterisian tempat tidur atau BOR juga meningkat di sejumlah rumah sakit menunjukkan adanya penambahan pasien rawat inap.

Data pembaharuan per Kamis (4/5/2023), ada penambahan 2.417 kasus sementara sehari sebelumnya 2.647 kasus. Oleh karena itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan terlebih lagi dengan adanya subvarian Omicron Arcturus yang disebutkan lebih cepat menyebar.

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, dengan adanya kondisi tersebut, masyarakat tidak perlu panik atau cemas. Dia meminta bagi warga yang mengalami gejal flu agar menghindari kontak dengan orang lain dan juga membatasi diri dari kerumunan.

Sementara untuk fasilitas kesehatan seperti rumah sakit harus siap siaga dengan adanya potensi penambahan pasien Covid-19.

"Menjaga diri, keluarga, sahabat agar terhindar dan tdk menularkan melalui pakai masker. Bagi yang sedang sakit menghindari kontak erat dan membatasi di kerumunan juga. Jangan lupa vaksin untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan atau imunitas," kata Mohammad Syahril saat dihubungi pada Jumat (5/5/2023).

Tingkat keterisian rumah sakit (BOR) per 3 Mei (kemenkes.go.id)