Logo Bloomberg Technoz

Amerika Cabut Syarat Wajib Vaksin Covid-19 Mulai 11 Mei

Ghina Ghaliya Quddus
03 May 2023 14:00

Ilustrasi penumpang di Bandara (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi penumpang di Bandara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Amerika Serikat (AS) bakal mencabut persyaratan vaksinasi Covid-19 bagi pengunjung asing dan pegawai pemerintahan mulai 11 Mei mendatang.

“Hari ini, kami mengumumkan bahwa persyaratan vaksin COVID-19 akan berakhir untuk pegawai federal, kontraktor federal, dan penumpang udara internasional pada penghujung hari tanggal 11 Mei, hari yang sama dengan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat COVID-19,” kata Gedung Putih dalam keterangan resminya, Rabu (03/04/2023).

AS mengatakan bahwa pemerintah telah berhasil menerapkan persyaratan untuk tenaga kerjanya dengan cara meningkatkan vaksinasi untuk mencapai kepatuhan 98%.

Negara juga telah memberlakukan persyaratan vaksinasi untuk pelancong internasional tertentu untuk memperlambat penyebaran varian baru dan memberikan waktu bagi sistem layanan kesehatan negara untuk menghadapi peningkatan kasus dan rawat inap.

“Walaupun vaksinasi tetap menjadi salah satu alat terpenting dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan pegawai serta mendorong efisiensi di tempat kerja, kami sekarang berada dalam fase respons yang berbeda,” tulis Gedung Putih.