Logo Bloomberg Technoz

Diskon Tol 20% Arus Balik Berlaku, Termasuk Trans Jawa ke Jakarta

Krizia Putri Kinanti
27 April 2023 21:20

Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)
Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Diskon tarif tol 20% pada periode arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444H atau Lebaran 2023 telah mulai berlaku pagi hari ini Kamis (27/04/2023). Diskon ini akan berakhir pada Sabtu, 29 April 2023 pukul 06.00 WIB.

Diberlakukannya program diskon ini diharapkan dapat menghindari penumpukan kendaraan pada waktu tertentu, terutama yang diprediksi menjadi puncak arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, yaitu pada 30 April-1 Mei 2023 mendatang.

Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan pemberlakuan diskon tarif ini juga disertai penerapan kebijakan pembatasan angkutan barang dan beberapa rekayasa lalu lintas (contraflow, one way, ganjil-genap) untuk memaksimalkan distribusi lalu lintas.

”Diharapkan program diskon ini cukup menarik bagi masyarakat, selain mendapatkan keuntungan dengan menghemat pengeluaran, masyarakat juga dapat mengatur perjalanan yang lebih nyaman karena terhindar dari lonjakan arus lalu lintas di puncak arus mudik maupun balik yang berpotensi menimbulkan kepadatan. Bahkan pada arus balik ini, program diskon akan diberlakukan untuk perjalanan menerus dari Semarang hingga Jakarta,” ujar Lisye.

Jasa Marga dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya akan memberlakukan diskon tarif 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa pada periode arus balik, yang semula hanya berlaku untuk tarif terjauh di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kini akan berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang sampai dengan Jakarta, dengan melakukan tap in di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.