Logo Bloomberg Technoz

Info Mudik

Pelindo Kembali Fungsikan Pelabuhan Ciwandan untuk Arus Balik

Elisa Valenta
26 April 2023 10:00

Ilustrasi Pemudik di Pelabuhan Ciwandan (Dok. Kemenhub)
Ilustrasi Pemudik di Pelabuhan Ciwandan (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo kembali membuka Pelabuhan Panjang di Lampung serta Pelabuhan Ciwandan dan Indah Kiat di Banten guna mendukung arus balik dari Sumatera ke Jawa.

Group Head Sekretariat Perusahaan, Ali Mulyono, mengatakan posko angkutan lebaran yang didukung bersama oleh seluruh stakeholder instansi kepelabuhanan terus melakukan pemantauan di seluruh terminal penumpang sejak 7 April sampai 8 Mei 2023 mendatang dan beroperasi selama 24 jam.  

"Dalam menghadapi arus balik lebaran tahun ini, kami terus mengoptimalkan pelayanan dan kinerja petugas di lapangan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang pada masa-masa puncak. Berdasarkan perkiraan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak kepadatan trafik arus balik transportasi laut akan terjadi mulai hari ini," jelas Ali dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (26/4/2023)

Pelindo juga telah menyiapkan 2 area parkir yakni lapangan 005 D dengan luas 13.652 meter persegi untuk kendaraan pengangkut logistik dan lapangan 005 E dengan luas 8.817 meter persegi khusus kendaraan roda dua, yang dapat menampung total 2.150 unit kendaraan pemudik.

Khusus untuk roda dua, layanan akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2023 (H+6 & H+7) menggunakan Kapal Dobonsolo dengan rute Panjang - Ciwandan.