Logo Bloomberg Technoz

Nasabah Tajir Tarik Rp1.033 T dari Credit Suisse di Kuartal I

News
24 April 2023 16:30

Credit Suisse (Sumber: Bloomberg)
Credit Suisse (Sumber: Bloomberg)

Marion Halftermeyer - Bloomberg News

Bloomberg, Credit Suisse Group AG melaporkan dana yang keluar dari bank asal Swiss tersebut mencapai 61,2 miliar franc (US$69 miliar atau setara Rp1.033,88 triliun) pada kuartal I-2023. Ini menjadi perhatian utama bagi UBS Group AG untuk mempertahankan nasabah dan aset utama setelah mencaplok Credit Suisse yang sebelumnya merupakan pesaing utamanya.  

Credis Suisse melaporkan dana senilai 47,1 miliar franc ditarik dari layanan wealth management yang merupakan penopang utama sumber dana bagi bank ini. Lalu ada impairment charge sebesar 1,3 miliar franc sebagian besar terkait dengan bisnis wealth management.

Bank ini juga menyebutkan bahwa arus keluar telah berkurang namun belum berbalik. Di unit Swiss, perusahaan ini mengalami arus keluar sebesar 6,9 miliar franc, sebagian besar pada layanan private bank.

Nasabah kaya dan deposan ritel menarik miliaran franc dari Credit Suisse selama beberapa hari pada bulan Maret setelah pemegang saham utama mengatakan bahwa mereka tidak akan berinvestasi lebih banyak. Ini mengakhiri keterpurukan yang terjadi di bank ini yang sudah berlangsung beberapa tahun. Skala arus keluar dan kerugian menyoroti risiko-risiko bagi UBS dalam penggabungan ini, yang menurut bank tersebut dapat memakan waktu hingga empat tahun.