Logo Bloomberg Technoz

Regulator Swiss Ungkap Kondisi Sulit Penyelamatan Credit Suisse

News
05 April 2023 15:40

Credit Suisse (Sumber: Bloomberg)
Credit Suisse (Sumber: Bloomberg)

Hugo Miller dan Jeff Black - Bloomberg News

Bloomberg - Marlene Amstad, Presiden Finma (Regulator sektor keuangan Swiss), mengatakan pihaknya sudah menyiapkan dua skenario untuk Credit Suisse Group AG pada 19 Maret 2023. Jadi bank gagal dan bangkrut atau diambil alih.

Hal ini disampaikan dalam sebuah konferensi pers pada Rabu (5/4/2023), di Bern (Swiss). Marlene Amstad menggambarkan kegentingan ketika itu sebagai kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana ada bank yang nasabahnya menarik dana dalam jumlah besar secara bersamaan.

Ini merupakan komentar publik pertama Marlene Amstad mengenai kesepakatan itu sejak ia dan CEO Finma Urban Angehrn mengatakan kepada media Swiss bahwa kesepakatan pengambialihan Credit Suisse oleh UBS Group merupakan satu-satunya pilihan yang dapat dilakukan, dan juga membela peran regulator dalam transaksi yang dinilai beberapa pihak tergesa-gesa.

Kantor Credit Suisse di New York, AS. (Stephanie Keith/Bloomberg)

Pernyataan mereka mendukung klaim Menteri Keuangan Swiss Karin Keller-Sutter pada tanggal 25 Maret yang mengatakan bahwa Credit Suisse tidak akan bertahan dalam satu hari perdagangan di tengah krisis kepercayaan investor.