Logo Bloomberg Technoz

Koalisi Besar Mengemuka, PDIP Beri Sinyal Ini

Sultan Ibnu Affan
04 April 2023 19:41

Ketua DPR RI Puan Maharani (dpr.go.id)
Ketua DPR RI Puan Maharani (dpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan, koalisi besar menuju pemilu bisa saja terjadi. Hal tersebut disampaikannya menyusul wacana koalisi besar antara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang mengemuka awal pekan ini.

KIB merupakan gabungan dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sementara KKIR merupakan koalisi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Koalisi itu sebenarnya bisa dilakukan jika kemudian visi dan misi atau kemudian cita-cita dari semuanya itu bersepakat untuk sama-sama bisa melakukannya. Jadi ya setuju kalau memang itu dilakukan dengan cita-cita dan visi-misi yang sama," kata Puan Maharani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Sebelumnya dalam acara yang dihelat oleh PAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahim dengan 5 ketua umum (ketum) partai politik pada Minggu (2/4/2023). Presiden sempat merespons wacana koalisi besar antara KIB dan KKIR tersebut. Jokowi mengatakan apabila dipandang dan dimusyawarahkan dengan baik maka cocok saja jika ada koalisi besar partai-partai koalisi pendukung Jokowi di Pemilu 2024.

Presiden Jokowi hadir memenuhi undangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan itu ada 5 ketua umum partai pendukung pemerintah yakni Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.