Logo Bloomberg Technoz

Pertemuan Paloh-Prabowo: Gelembung atau Peluang Koalisi Politik

Sultan Ibnu Affan
06 March 2023 10:28

Ketua Umum NasDem Surya Paloh kunjungi Prabowo di Hambalang (DOK Tim Media Prabowo Subianto)
Ketua Umum NasDem Surya Paloh kunjungi Prabowo di Hambalang (DOK Tim Media Prabowo Subianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/3/2023).

Dalam pertemuan tersebut baik Prabowo maupun Surya Paloh menyatakan mereka menghormati keputusan politik masing-masing. Diketahui Partai NasDem berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS dalam Koalisi Perubahan. Sedangkan Partai Gerindra berkoalisi dengan PKB. Koalisi Perubahan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden.

Surya Paloh sendiri melakukan safari politik ke partai-partai politik dan bertemu dengan para ketua umumnya dalam 2 bulan terakhir. Lebih awal dia menemui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Kemudian Surya juga bertandang ke DPP Partai Demokrat dan bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dia juga sebelumnya bertemu dengan elite PKS di NasDem Tower.

Ketum Gerindra Prabowo dan Ketum NasDem Surya Paloh bertemu di Hambalang (DOK Tim Media Prabowo Subianto)

"Tadi pembicaraan sangat cair. Setelah kita makan siang, kita minum kopi dan saya berbicara cukup luas, mendalam. Kita dapat suatu kesimpulan tertentu, kita sepakat saling menghormati keputusan politik masing-masing. Kita sepakat bahwa kita ingin suasana bangsa dan negara selalu dalam keadaan damai, rukun, dan bersatu,” kata Prabowo seusai pertemuan dengan Surya Paloh.

Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai bahwa pertemuan dua tokoh tersebut tak lebih dari bubble meeting 'pertemuan gelembung'. Artinya menurut dia tak ada yang terlalu signifikan dari pertemuan tersebut. Namun hal itu dilakukan karena tokoh politik perlu tetap menempatkan dirinya di radar pemberitaan. Termasuk soal Surya Paloh yang masih gencar bertemu dengan petinggi di luar koalisi kata dia bukan karena ingin mencari peluang koalisi lain.