Logo Bloomberg Technoz

Pengangguran Inggris Naik ke Level Tertinggi dalam 2,5 Tahun

News
11 June 2024 17:10

Inflasi Inggris mereda (Bloomberg)
Inflasi Inggris mereda (Bloomberg)

Tom Rees - Bloomberg News

Bloomberg, Tingkat pengangguran Inggris naik secara tak terduga ke level tertinggi dalam lebih dari 2,5 tahun, sementara tekanan untuk gaji yang lebih tinggi berkurang di sektor swasta. Hal ini menambah bukti bahwa tekanan inflasi mulai mereda.

Kantor Statistik Nasional (Office for National Statistics/ONS) mengatakan pada Selasa (11/06/2024) bahwa pengangguran naik menjadi 4,4% dalam tiga bulan hingga April, yang tertinggi sejak pertengahan 2021. Pendapatan mingguan rata-rata di sektor swasta meningkat sebesar 5,8%, terendah dalam dua tahun.

Pergerakan tingkat pengangguran di Inggris. (Sumber: Bloomberg)

Angka-angka tersebut mungkin memberi sedikit kepercayaan kepada pembuat kebijakan di bank sentral Inggris atau Bank of England (BOE) bahwa tekanan kenaikan pada upah dan harga mulai mereda. Pejabat yang dipimpin oleh Gubernur Andrew Bailey berfokus pada pasar tenaga kerja saat mereka menimbang kapan dapat menurunkan suku bunga dari level tertinggi dalam 16 tahun.

Laporan tersebut juga menunjukkan:

  •  Lowongan pekerjaan turun 12.000 pada kuartal tersebut menjadi 904.000, penurunan ke-23 berturut-turut. Angka tersebut masih di atas level sebelum pandemi Covid-19 melanda.
  •  Jumlah karyawan yang terdaftar di daftar gaji perusahaan turun 3.000 pada Mei menjadi 30,3 juta.
  •  Pertumbuhan pendapatan total tetap di 5,9%, dan angka tidak termasuk bonus tetap di 6%. Angka upah reguler sedikit lebih rendah dari perkiraan ekonomis untuk kenaikan menjadi 6,1%.
  •  Keuangan rumah tangga terus didukung oleh kenaikan gaji yang melampaui inflasi dengan pertumbuhan upah riil sebesar 2,9%, tertinggi sejak musim panas 2021.
Pendapatan di berbagai sektor Inggris. (Sumber: Bloomberg)