Logo Bloomberg Technoz

Orang Jepang & Korsel Berpandangan Hubungan Kedua Negara Baik

News
11 June 2024 12:40

Jepang (Sumber: Bloomberg)
Jepang (Sumber: Bloomberg)

Yoshiaki Nohara dan Marika Katanuma - Bloomberg News

Bloomberg, Setengah dari orang Jepang merasa bahwa negara mereka memiliki hubungan yang baik dengan Korea Selatan. Ini angka tertinggi dalam survei tahunan sejak tahun 2011 ketika para pemimpin kedua negara berusaha menjalin hubungan yang lebih erat.

Hasil ini naik dari 45% tahun lalu, menurut jajak pendapat yang dilakukan pada 24-26 Mei oleh surat kabar Jepang Yomiuri dan surat kabar Korea Selatan Hankook Ilbo. Survei tersebut menemukan 42% responden di Korea Selatan berpendapat bahwa hubungan bilateral kedua negara baik, tidak banyak berubah dari 43% pada jajak pendapat sebelumnya.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol telah menjadikan peningkatan hubungan dengan Jepang dan AS sebagai prioritas pemerintahannya karena ia ingin mengambil sikap yang lebih keras terhadap provokasi Korea Utara dibandingkan dengan pendahulunya.

Yoon telah bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo dan Seoul dan terus maju dengan langkah-langkah yang bertujuan untuk mengatasi masalah bilateral yang berasal dari pemerintahan kolonial Jepang di Semenanjung Korea dari tahun 1910-1945, meskipun dengan risiko mengurangi dukungan publik di dalam negeri.