Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Angkat Tangan soal Perseteruan Mahfud - Sri Mulyani

Tara Marchelin
31 March 2023 11:22

Sambutan Presiden Jokowi Pada Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Lido, 31 Maret 2023. (Tangakapn Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Sambutan Presiden Jokowi Pada Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Lido, 31 Maret 2023. (Tangakapn Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo enggan menanggapi perseteruan yang melibatkan dua anak buahnya Menkopolhukam Mahfud MD dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait perbedaan data transaksi janggal yang terjadi di lingkungan Kementerian Keuangan.

Isu tersebut sempat menjadi perdebatan panas setelah keduanya dipanggil oleh DPR untuk hadir dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Komisi III DPR RI, Rabu (29/3).

Jokowi yang ditemui di sela-sela peresmian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jumat (31/3/2023) sempat melayani pertanyaan sejumlah wartawan terkait proyek senilai Rp14 triliun tersebut. Namun ketika sejumlah awak media meminta tanggapannya soal perseteruan Mahfud dan Sri Mulyani, ia menyerahkan persoalan tersebut untuk diselesaikan oleh dua menteri tersebut.

"Ya tanyakan lah. Ditanyakan ke Bu Menkeu sama Pak Mahfud," jawab Jokowi singkat. 

Kasus ini bermula dari pernyataan Mahfud MD yang menyebut adanya dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) senilai Rp 349 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan yang diungkap oleh Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK). Salah satunya, kata dia, kasus TPPU melalui penyelundupan emas batangan. PPATK melaporkan ada seorang pegawai Kemenkeu yang diduga membawa masuk sejumlah emas batang.