Logo Bloomberg Technoz

Luhut: Elon Musk Tiba di Bali Minggu Pagi, Luncurkan Starlink

Redaksi
18 May 2024 18:15

(Dok. Ist)
(Dok. Ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi Elon Musk akan tiba pukul 08:00 WITA di Bali untuk meresmikan peluncuran layanan internet Starlink, yang berbasis satelit orbit rendah atau low-earth orbit  (LEO) dari SpaceX.

“Elon Musk besok pagi jam 8:00 mendarat di Bali. Sudah kita atur semua acaranya, dan siangnya [dia] akan launch Starlink bersama beberapa menteri, termasuk Menteri Kesehatan [Budi Gunadi Sadikin] dan Menteri Komunikasi dan Informatika [Budi Arie Setiadi],” tegas Luhut di Bali, dalam rekaman resmi Kemenko Marves, Sabtu (18/5/2024).

Luhut menilai kehadiran layanan internet Starlink milik Elon Musk akan sangat membantu konektivitas di wilayah-wilayah terpencil Tanah Air, khususnya untuk menopang kinerja sektor kesehatan dan pendidikan.

“Besok dia akan berbicara sebagai prominent speaker dan ketemu Presiden [Joko Widodo] di venue-nya opening ceremony,” kata Luhut.

Starlink.

Pemerintah sebelumnya mengatakan investasi langsung Starlink melalui PT Starlink Services Indonesia (SSI) ditujukan untuk memperluas jangkauan internet di wilayah terpencil atau daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).