Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Operasional Kereta Api Pertama Sulawesi

Ezra Sihite
29 March 2023 18:16

Presiden Jokowi resmikan kereta api Makassar-Parepare (Humas Kemenhub)
Presiden Jokowi resmikan kereta api Makassar-Parepare (Humas Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian kereta api Makassar-Parepare lintas Maros-Barru yang merupakan kereta api pertama di Sulawesi. Jalur ini merupakan bagian dari Trans Sulawesi yang nantinya akan menghubungkan antarprovinsi di Sulawesi mulai dari selatan (Makassar) sampai ke Sulawesi Utara (Manado).

"Kita harapkan orang tidak berbondong-bondong naik kendaraan pribadi. Dengan kereta yang nyaman, dingin, dan bersih ini, orang akan berpindah naik kereta sehingga jalan tidak macet,” ujar Presiden Jokowi dalam peresmian yang berlangsung di Depo Maros, Sulsel, Rabu (29/3/2023) sebagaimana keterangan pers yang dikirimkan oleh Kementerian Perhubungan.

Presiden Jokowi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan sejumlah menteri kabinet juga menjajal kereta api dari Stasiun Maros menuju Stasiun Ramang-Ramang di mana terdapat destinasi wisata alam bernama Ramang-Ramang.

Presiden mengungkapkan, pemerintah akan terus membangun transportasi massal di berbagai daerah untuk memperlancar konektivitas baik penumpang maupun barang, antarwilayah provinsi, kota serta kabupaten. “Kita sudah terlambat membangun angkutan massal, akhirnya macet di semua kota. Makanya, angkutan massal harus terus kita bangun, termasuk kereta api ini,” lanjut dia.
 
Dengan hadirnya layanan angkutan kereta api di Sulawesi maka akan melancarkan pergerakan penumpang dan barang. Selain itu bisa mendukung potensi pariwisata, menyerap tenaga kerja dan lapangan pekerjaan baru serta mengembangkan UMKM sehingga mampu memacu pertumbuhan ekonomi.

Dalam peresmian itu tampak hadir Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Dirut KAI Didiek Hartantyo serta Dirut PT Celebes Railway Indonesia Helmi Adam.