Logo Bloomberg Technoz

Jelang Asean Summit, Jokowi Resmikan Jalan Rp481 M di Labuan Bajo

Krizia Putri Kinanti
14 March 2023 15:40

Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan proyek Rumah Tapak Menteri di kawasan IKN. (Dok Dindha/setkab.go.id)
Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan proyek Rumah Tapak Menteri di kawasan IKN. (Dok Dindha/setkab.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Pemerintah telah merampungkan jalan baru  Labuan Bajo menuju Golo Mori di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai persiapan menuju Asean Summit di Labuan Bajo pada 9—11 Mei tahun ini. 

Dalam kaitan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan jalan akses Labuan Bajo—Golo Mori bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dalam rangka pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo. 

"Dengan demikiann, kawasan antara Labuan Bajo dengan Golo Mori nantinya dapat berkembang dengan baik serta pengembangan Labuan Bajo akan makin terdukung oleh fasilitas jalan yang kita bangun," ujarnya dikutip dari siaran pers, Selasa (14/3/2023)

Pembangunan Jalan Akses Labuan Bajo—Golo Mori juga mendukung akses Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tana Mori yang berada tidak jauh dari Desa Golo Mori. Lokasi tersebut nantinya  digunakan untuk retreat para kepala negara saat Asean Summit 2023. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumaan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan akses Labuan Bajo—Golo Mori mulai dibangun pada April 2022 dengan anggaran APBN senilai Rp481 miliar.