Logo Bloomberg Technoz

BPH Migas Soal Proyek BBM Pertamax Green 92: Idealnya Disubsidi

Dovana Hasiana
16 May 2024 06:30

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian
Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengamini terdapat wacana pemberian subsidi kepada Pertamax Green 92, bahan bakar ramah lingkungan yang kabarnya akan dikembangkan PT Pertamina (Persero).

Anggota BPH Migas Saleh Abdurrahman mengatakan, secara ideal, pemerintah memang seharusnya memberikan subsidi kepada bahan bakar minyak (BBM) yang lebih berkualitas.

Dengan demikian, kata Saleh, muncul wacana termasuk dari Pertamina untuk mengkaji peralihan dari Pertalite kepada bahan bakar dengan research octane number (RON) 91 ke atas.

“[Rencana menggeser anggaran kompensasi Pertalite ke] Pertamax Green 92, memang idealnya yang diberikan subsidi itu BBM yang lebih berkualitas, idealnya begitu,” ujar Saleh saat ditemui di ICE BSD, Selasa (14/5/2024).

Makanya, muncul wacana termasuk dari Pertamina untuk mengkaji perubahan dari Pertalite ke RON 91 ke atas sesuai Peraturan Menteri KLHK No. 20/2017 tentang Emisi, itu pegangan, sulfurnya sekian tetapi RON 91 ke atas.”