Logo Bloomberg Technoz

Kepala Propaganda Korea Utara Meninggal Dunia di Usia 94 Tahun

News
08 May 2024 12:30

Kim Ki Nam, dalang propaganda Korut (Dok: Bloomberg)
Kim Ki Nam, dalang propaganda Korut (Dok: Bloomberg)

Jon Herskovitz dan Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Kim Ki Nam, seorang dalang propaganda yang membantu membentuk kultus kepribadian untuk dinasti keluarga yang telah memerintah Korea Utara sejak berdirinya negara itu pada masa Perang Dingin, meninggal dunia pada usia 94 tahun.

Kim, yang telah berada dalam kondisi kesehatan yang buruk selama beberapa tahun, meninggal pada Selasa, Kantor Berita Pusat Korea melaporkan, dan mengatakan bahwa ia mengabdikan hidupnya untuk "perjuangan suci untuk mempertahankan dan memperkuat kemurnian ideologis revolusi kita."

Biografi resmi yang dirilis oleh KCNA mengatakan bahwa Kim bangkit dari kesulitan masa kecilnya untuk bekerja di Komite Sentral Partai Pekerja Korea yang berkuasa sejak tahun 1956, dan mendapatkan kepercayaan dari pendiri negara Kim Il-sung. Dia menghabiskan lebih dari 60 tahun untuk mengonsolidasikan fondasi ideologis partai dan membantu melatih bakat yang akan mendukung negara, demikian laporan KCNA.

Sebagai salah satu kekuatan besar di balik kekuasaan, Kim memainkan peran penting dalam membentuk pesan negara ketika kepemimpinan dialihkan kepada Kim Jong Il, putra pendiri negara, dan membantu dalam suksesi pemimpin saat ini, Kim Jong Un, sang cucu.