Logo Bloomberg Technoz

Korut Kirim Delegasi ke Iran, Picu Kekhawatiran Persenjataan

News
24 April 2024 15:20

Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Samsul Said/Bloomberg)
Ilustrasi Bendera Korea Utara (Sumber: Samsul Said/Bloomberg)

Soo-Hyang Choi dan Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Utara (Korut) mengirimkan delegasi tingkat tertinggi ke Iran dalam waktu sekitar lima tahun terakhir karena AS menyuarakan keprihatinannya bahwa penjualan senjata dari Pyongyang dan Teheran telah membantu menyulut konflik di Timur Tengah dan perang Rusia di Ukraina.

Dalam sebuah laporan publik yang langka mengenai perjalanan tersebut, Kantor Berita Pusat Korea mengatakan dalam satu kalimat, delegasi Korea Utara yang dipimpin oleh Menteri Hubungan Ekonomi Eksternal Yun Jong Ho meninggalkan Pyongyang menuju Teheran pada Selasa. Yun telah melakukan perjalanan ke Rusia sebelumnya pada April dan telah tampil menonjol di media pemerintah sebagai pemain kunci dalam perdagangan antara Pyongyang dan Moskow.

Meskipun Korea Utara tidak mungkin mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang perjalanan tersebut, hal ini menyoroti kerja sama militer antara kedua negara dan pembangkangan mereka terhadap AS selama bertahun-tahun. Korea Utara terakhir kali mengirim seorang anggota parlemen ke Iran pada tahun 2019.

"Perang Ukraina telah membuka jalan bagi kerja sama antara Korea Utara dan Iran," kata Ban Kil Joo, seorang profesor riset di Korea University. "Korea Utara mengirimkan delegasi ekonomi sekarang, tetapi ini akan menjadi awal dari kerja sama militer yang lebih luas di antara keduanya."