Logo Bloomberg Technoz

BUMN Rusia Zarubezhneft Resmi Lepas Blok Tuna, Siapa Gantinya?

Dovana Hasiana
07 May 2024 10:30

BUMN migas Rusia, Zarubezhneft./dok. Zarubezhneft
BUMN migas Rusia, Zarubezhneft./dok. Zarubezhneft

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengonfirmasi bahwa perusahaan minyak dan gas (migas) pelat merah Rusia, JJSC Zarubezhneft, telah secara resmi hengkang dari proyek Blok Tuna.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro mengatakan saat ini proses farm out, yang merupakan pengalihan interest dari pemegang kendali wilayah kerja yang ada ke perusahaan lain atau bentuk konsorsium, tengah berlangsung.

“Sudah pasti [hengkang dari Blok Tuna], yang [sedang] berproses proses farm out-nya ZN [Asia Ltd, selaku anak usaha JJSC Zarubezhneft], tinggal menunggu siapa yang menggantikan ZN di blok Tuna,” ujar Hudi kepada Bloomberg Technoz, dikutip Selasa (7/5/2024). 

Sekadar catatan, Zarubezhneft lewat anak usahanya ZN Asia Ltd memegang 50% hak partisipasi Blok Tuna, bersama dengan Harbour Energy Group melalui anak usahanya Premier Oil Tuna BV, yang menggenggam 50%.

Adapun, proses penggantian investor dilakukan melalui skema business to business (B2B).

Kompleks Kilang Vadinar dioperasikan oleh Nayare Energy Ltd., dimiliki bersama oleh Rosneft Oil Co. dan Trafigura Group Pte.(Dhiraj Singh/Bloomberg)