Logo Bloomberg Technoz

AS Selidiki Manajemen Lama Bank Gagal SVB dan Signature Bank

News
28 March 2023 09:59

FDIC (Bloomberg)
FDIC (Bloomberg)

Stephanie Stoughton dan Katanga Johnson - Bloomberg News

Bloomberg, Lembaga penjamin simpanan Amerika Serikat (AS) atau Federal Deposit Insurance Corp. (FDIC) tengah menyelidiki manajemen lama Silicon Valley Bank (SVB) dan Signature Bank yang tumbang.

“Perlu dicatat bahwa kedua institusi ini telah diizinkan untuk gagal,” kata Ketua FDIC Martin Gruenberg dalam sambutan yang disiapkan untuk sidang Komite Perbankan Senat AS pada Selasa (28/03/2023).

“Para pemegang saham telah kehilangan investasi mereka. Para kreditur tanpa jaminan telah mengalami kerugian. Dewan dan eksekutif paling senior telah disingkirkan,” ujarnya.

Pelanggan mengantre di luar cabang Silicon Valley Bank (SVB) di Wellesley, Massachusetts, AS, Senin (13/3/2023). (Sophie Park/Bloomberg)

Michael Barr, wakil ketua supervisi bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) yang memimpin peninjauan tentang sebab dari keruntuhan SVB, menyebut kegagalan bank tersebut sebagai "kasus kesalahan manajemen." Dia menggarisbawahi model bisnis bank yang terkonsentrasi pada pelayanan perusahaan teknologi dan venture capital, kegagalan mengelola risiko, dan pertumbuhan aset dan simpanan bank yang signifikan.