Logo Bloomberg Technoz

FDIC Jual Aset Bank Bangkrut Signature Senilai Rp 581,4 T

News
20 March 2023 12:45

Signature Bank (Sumber: Bloomberg)
Signature Bank (Sumber: Bloomberg)

Matthew Monks, Allyson Versprille dan Rachel Butt - Bloomberg News

Bloomberg- Simpanan deposito Signature Bank dan beberapa pinjaman telah diambil alih oleh sebuah unit dari New York Community Bancorp (NYCB), sebuah langkah yang diharapkan bisa meredakan gejolak yang melanda bank-bank regional Amerika Serikat (AS).

"Flagstar Bank of Hicksville milik NYCB  akan mengakuisisi secara substansial semua simpanan dan portofolio pinjaman tertentu dari Signature Bank," ungkap Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) atau lembaga penjamin simpanan AS.

Flagstar Bank setuju untuk membeli aset Signature Bank senilai US$ 38 miliar atau setara Rp 581,4 triliun (asumsi Rp 15.300/US$), termasuk US$ 25 miliar dalam bentuk tunai dan sekitar US$ 3 miliar dalam bentuk pinjaman dari FDIC. Mereka juga menanggung kewajiban Signature Bank sekitar US$36 miliar, termasuk US$34 miliar dalam bentuk deposito.

Kantor pusat Signature Bank di 565 Fifth Avenue di New York, AS. (Jeenah Moon/Bloomberg)

40 cabang Signature akan beroperasi sebagai Flagstar Bank mulai Senin (20/03/2023). Sebagai bagian dari kesepakatan, FDIC mendapatkan hak apresiasi ekuitas di saham biasa NYCB senilai hingga US$ 300 juta.