Logo Bloomberg Technoz

Anies Respons Isu Ditinggalkan Koalisi

Mis Fransiska Dewi
30 April 2024 17:10

Presiden terpilih Prabowo menyapa Capres Anies saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Presiden terpilih Prabowo menyapa Capres Anies saat rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Calon Presiden Pilpres 2024 Anies Baswedan merespons isu ditinggalkan oleh koalisi perubahan yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Anies mengklaim dia bersama dengan koalisi perubahan masih terus berkomunikasi. Anies menyebut dalam proses komunikasi selalu ada ruang terbuka untuk berkomunikasi, bahkan ketika Anies dan Muhaimin hadir bersama menyaksikan peresmian presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran oleh KPU, ada yang mempertanyakan. 

“Tapi kenyataannya kami ingin bernegara dengan terhormat. Kita ingin menjalankan proses politik dengan terhormat. Cuma karena ada pengalaman yang cukup panjang di mana berbeda tak berdialog maka ketika ada dialog itu seakan-akan terjadi persamaan,” kata Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024). 

Anies menambahkan, para pendiri republik ini pikirannya berbeda-beda, namun terus menjalin komunikasi dan berdialog. Anies mengaku telah terbiasa melakukan dialog tersebut. 

Menurut mantan Gubernur DKI itu, duduk satu meja sambil berdialog merupakan hal normal dan harus dibiasakan walaupun berbeda pendapat.