Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Bidik Produksi 630 Juta Liter Bioetanol 1G pada 2029

Dovana Hasiana
30 April 2024 16:05

Pengisian bahan bakar minyak./Bloomberg-Al Drago
Pengisian bahan bakar minyak./Bloomberg-Al Drago

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina New & Renewable Energy (PNRE) mengatakan perseroan menargetkan produksi bioetanol mencapai 630 juta liter atau million (mn) liter pada 2029.

CEO PT Pertamina New & Renewable Energy (PNRE) John Anis mengatakan perseroan bakal memproduksi bioetanol generasi pertama (1G bioethanol), yang diproduksi dari bahan baku pangan seperti jagung, tebu, dan gandum. 

“Bioetanol ini menarik karena tentu saja kita berbasis tumbuh-tumbuhan, yang awalnya kita kelola minyak, kita mencari juga kerja sama dengan perkebunan,” ujar John dalam agenda BUMN Forum di Raffles Hotel, Selasa (30/4/2024).

Selain itu, perseroan juga memiliki berbagai prioritas strategis lainnya yang ditargetkan tercapai pada 2029. PNRE bakal menambah kapasitas sekitar 3,8 gigawatt (GW) untuk gas to power. Kemudian, penambahan 1,4 GW untuk kapasitas panas bumi atau geothermal.

Ilustrasi bahan bakar nabati (BBN) bioetanol./Bloomberg-Si Barber


Kemudian, untuk pembangkit energi baru, PNRE bakal menargetkan penambahan solar sebesar 1,3 GW, 58 megawatt (MW) untuk energi angin, dan 33 MW untuk biomassa. Untuk bisnis karbon, PNRE menargetkan dapat mengelola sekitar 19 juta ton Co2.