Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sodorkan 2 Kota ke Microsoft Bangun Pusat Riset Teknologi

Muhammad Fikri
30 April 2024 16:00

CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)
CEO Microsoft Satya Nadella. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo membebaskan Microsoft untuk memilih dua kota, antara Bali dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, sebagai lokasi pusat riset pengembangan data dan sumber daya  teknologi kecerdasan buatan (AI).

Ini sekaligus menjadi bagian dari komitmen investasi perusahaan dalam empat tahun mendatang senilai Rp27 triliun. "Soal tempat, pak Presiden [Joko Widodo] dan pak Luhut [Binsar Panjaitan-Menko Marves] sudah menyampaikan, silahkan mau di Bali atau IKN [Ibu Kota Negara Nusantara]," kata Budi Arie.

"Karena IKN penting. Pak Presiden meminta Microsoft membantu smart city di IKN." Budi Arie menegaskan saat ditemui di kantornya, sudah bertemu CEO Satya Nadella, Selasa (30/4/2024).

Budi menyampaikan bahwa Microsoft akan memberi pelatihan keterampilan AI kepada 840.000 orang Indonesia. Ini menjadi bagian dari target membantu melatih 2,5 juta orang di kawasan ASEAN sekaligus berdampak baik pada pengembangan teknologi kecerdasan buatan, khususnya terciptanya talenta digital baru.

"Seperti yang disampaikan pak Presiden, mengusulkan ada pusat research khusus AI di Indonesia," kata Budi, yang bisa memberi imbas positif di berbagai sektor, termasuk pertanian dan perikanan.