Logo Bloomberg Technoz

Abbas: Israel Manfaatkan Serangan Hamas untuk Serang Palestina

Redaksi
29 April 2024 11:30

Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. (Sumber: Bloomberg)
Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan pada Minggu bahwa Israel mengambil keuntungan dari serangan Hamas pada 7 Oktober untuk menyerang warga Gaza, dan meminta AS untuk mendesak Israel agar "menahan diri" karena invasi Rafah tampaknya akan segera terjadi.

Berbicara pada pertemuan khusus Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Arab Saudi, Presiden Abbas menyerukan kepada kekuatan-kekuatan global, khususnya sekutu Israel, Amerika Serikat, untuk "mencegah Israel melakukan kejahatan tersebut."

"Serangan kecil [di Rafah] adalah semua yang diperlukan agar semua orang dipaksa meninggalkan Palestina," kata presiden, berbicara dalam bahasa Arab, seperti dilansir Al Arabiya, Senin (29/4/2024).

Dia mengatakan Palestina mengantisipasi invasi skala penuh ke Rafah "dalam beberapa hari ke depan," daerah yang saat ini menjadi rumah bagi ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi.

Berterima kasih kepada kepemimpinan Saudi yang telah menyediakan platform untuk membahas perang selama berbulan-bulan di Gaza, Abbas mengaitkan pertempuran terbaru dengan "pendudukan Israel" yang telah berlangsung selama 75 tahun.