Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Prediksi Koalisi Prabowo-Gibran akan Capai 80% Kursi DPR

Mis Fransiska Dewi
25 April 2024 12:20

Capres terpilih Prabowo Subianto usai rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres terpilih Prabowo Subianto usai rapat pleno penetapan di gedung KPU, Rabu (24/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana mengatakan, jumlah kekuatan partai politik koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau legislatif kurang dari 50%. 

Saat ini, koalisi Prabowo-Gibran berisi empat partai yang memiliki wakil di DPR yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan PAN. Empat partai ini diprediksi akan menguasai sekitar 43,17% kursi di DPR.

"Koalisi Prabowo-Gibran diprediksi bisa mencapai 80% kursi di DPR," kata Aditya saat dihubungi, Kamis (25/4/2024). 

Hal ini membuat Prabowo harus menggandeng sejumlah partai politik dari koalisi pengusung para lawannya di Pilpres 2024. menteri pertahanan ini kemungkinan tidak hanya mengajak koalisi paslon 01 tetapi juga koalisi paslon 03 untuk bergabung. 

Saat ini, dua partai setidaknya sudah kerap bertemu dan berkomunikasi dengan Prabowo Subianto. Keduanya berasal dari koalisi perubahan yang mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres lalu.